<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaan Metode Group Investigation Dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong"^^ . "Umairo Gemala Sari: Penggunaan Metode Group Investigation dalam\r\nMeningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT AlMadinah Cibinong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra\r\nIndonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016.\r\nTujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode group investigation dalam\r\nmeningkatkan kemampuan menulis biografi siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong,\r\nserta mengetahui kendala siswa saat menulis biografi. Metode yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket.\r\nTeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Hipotesis pertama,\r\nyaitu penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan kemampuan menulis\r\nbiografi siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat\r\ndari hasil tes awal (prates) nilai prates di kelas eksperimen 51,4 sedangkan hasil tes akhir\r\n(postes) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,3. Hasil tes awal siswa dikelas kontrol\r\ndiperoleh nilai rata-rata 48,2 sedangkan pada tes akhir (postes) setelah diterapkan metode\r\nthink pair shaire nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 69,4. Berdasarkan data\r\ntersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan\r\ndengan menggunakan metode group investigation, yaitu 51,4 menjadi 76,3. Berdasarkan hasil\r\nperhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 =4,3\r\nharga t0,95 =2,68 dan harga t0,99 =2,42 dengan demikan t0 lebih besar dengan perbandingan\r\n2,682,42. Hal tersebut berarti metode group investigation pada kelas eksperimen dapat\r\nmeningkatkan kemampuan menulis biografi. Hipotesis kedua yaitu siswa kelas VII SMP IT\r\nAl-Madinah Cibinong mengalami kendala dalam menulis biografi dengan menggunakan\r\nmetode group investigation dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis angket\r\ndiperoleh hasil 72% siswa mengalami kendala saat mengembangkan identitas tokoh, 64%\r\nsiswa mengalami kendala saat menerapkan kaidah kebahasaan biografi, dan 56% siswa\r\nmengalami kendala saat menuliskan sikap teladan tokoh. Dengan demikian dapat\r\ndisimpulkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan kemampuan menulis\r\nbiografi meskipun siswa masih mengalami kendala.\r\nKata kunci: Kemampuan menulis, biografi, group investigation"^^ . "2016" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Gemala Sari"^^ . "Umairo"^^ . "Gemala Sari Umairo"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Suwarna"^^ . "Dadan"^^ . "Suwarna Dadan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaan Metode Group Investigation Dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong (Text)"^^ . . . "UMAIRO.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9139 \n\nPenggunaan Metode Group Investigation Dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .