eprintid: 9139 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/39 datestamp: 2025-03-04 03:51:01 lastmod: 2025-03-04 03:51:01 status_changed: 2025-03-04 03:51:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Umairo, Gemala Sari creators_NPM: 032112074 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_name: Dadan, Suwarna contributors_NIDN: 0428047402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penggunaan Metode Group Investigation Dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Umairo Gemala Sari: Penggunaan Metode Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT AlMadinah Cibinong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode group investigation dalam meningkatkan kemampuan menulis biografi siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong, serta mengetahui kendala siswa saat menulis biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan kemampuan menulis biografi siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (prates) nilai prates di kelas eksperimen 51,4 sedangkan hasil tes akhir (postes) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,3. Hasil tes awal siswa dikelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 48,2 sedangkan pada tes akhir (postes) setelah diterapkan metode think pair shaire nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 69,4. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan dengan menggunakan metode group investigation, yaitu 51,4 menjadi 76,3. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 =4,3 harga t0,95 =2,68 dan harga t0,99 =2,42 dengan demikan t0 lebih besar dengan perbandingan 2,682,42. Hal tersebut berarti metode group investigation pada kelas eksperimen dapat meningkatkan kemampuan menulis biografi. Hipotesis kedua yaitu siswa kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong mengalami kendala dalam menulis biografi dengan menggunakan metode group investigation dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh hasil 72% siswa mengalami kendala saat mengembangkan identitas tokoh, 64% siswa mengalami kendala saat menerapkan kaidah kebahasaan biografi, dan 56% siswa mengalami kendala saat menuliskan sikap teladan tokoh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan kemampuan menulis biografi meskipun siswa masih mengalami kendala. Kata kunci: Kemampuan menulis, biografi, group investigation date: 2016 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Artikel thesis_name: Sarjana citation: Umairo, Gemala Sari (2016) Penggunaan Metode Group Investigation Dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP IT Al-Madinah Cibinong. Artikel thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9139/1/UMAIRO.pdf