%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurul, Restiana %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2017 %F eprintsunpak:9143 %I Universitas Pakuan %T Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/9143/ %X Nurul Restiana: Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media boneka jari dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis cerita fabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media boneka jari, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sample random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media boneka jari dalam meningkatkan keterampilan menulis cerira fabel dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 67,16 dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam menulis cerita fabel, sedangkan hasil postes memperoleh nilai rata-rata 85,85 dengan taraf kemampuan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 18,69. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga t0,99 = 2,81. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67 < 2,81 > 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis cerita fabel terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 15 siswa (46%) mengalami kendala ketika menentukan judul dalam menulis cerita fabel. Kemudian 12 siswa (35%) mengalami kendala ketika menyusun kalimat baku/tidak baku. Selain itu, 11 siswa 38% atau hampir separuhnya mengalami kesulitan dalam menentukan sudut pandang. Dengan demikian penerapan media boneka jari dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fabel. Kata Kunci : Keterampilan menulis, cerita fabel, media boneka jari