<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor"^^ . "Nurul Restiana: Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel\r\nSiswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,\r\nFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018.\r\nTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media boneka jari dalam meningkatkan keterampilan\r\nmenulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten, serta untuk mengetahui kendala siswa\r\ndalam menulis cerita fabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik\r\npengumpulan data yaitu tes, observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari\r\npenggunaan media boneka jari, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika\r\nproses pembelajaran berlangsung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa\r\nkelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sample random sampling.\r\nHipotesis pertama yaitu penggunaan media boneka jari dalam meningkatkan keterampilan menulis cerira fabel dapat\r\nteruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh\r\nnilai rata-rata 67,16 dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam menulis cerita fabel, sedangkan hasil\r\npostes memperoleh nilai rata-rata 85,85 dengan taraf kemampuan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan\r\nyang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 18,69. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean\r\ndiperoleh harga t0,99 = 2,81. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67 < 2,81 > 2,39. Hipotesis kedua yaitu\r\nkendala yang dialami oleh siswa dalam menulis cerita fabel terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang\r\nmenyatakan sebanyak 15 siswa (46%) mengalami kendala ketika menentukan judul dalam menulis cerita fabel.\r\nKemudian 12 siswa (35%) mengalami kendala ketika menyusun kalimat baku/tidak baku. Selain itu, 11 siswa 38%\r\natau hampir separuhnya mengalami kesulitan dalam menentukan sudut pandang. Dengan demikian penerapan media\r\nboneka jari dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fabel.\r\nKata Kunci : Keterampilan menulis, cerita fabel, media boneka jari"^^ . "2017" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Rosdiana"^^ . "Rina"^^ . "Rosdiana Rina"^^ . . "Restiana"^^ . "Nurul"^^ . "Restiana Nurul"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor (Text)"^^ . . . "Nurul Restiana .pdf"^^ . . "HTML Summary of #9143 \n\nPenggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamansari Kabupaten Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .