<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning\r\ndalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK\r\nTelekomedika Kota Bogor"^^ . "Ardiansyah: Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning\r\ndalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK\r\nTelekomedika Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia\r\nFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018.\r\nTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran\r\nprobing prompting learning dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa\r\nkelas X SMK Telekomedia Kota Bogor serta untuk mengetahui kendala yang dialami\r\noleh siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan\r\ndalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang\r\ndigunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa\r\nkelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Sampel penelitian ini yaitu kelas X\r\nKeperawatan 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Keperawatan 1 sebagai kelas\r\nkontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random\r\nsampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran probing\r\nprompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X\r\nSMK Telekomedika Kota Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan\r\ndengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas\r\n68 cukup mampu, dalam keterampilan menulis puisi, sedangkan hasil postes rata-rata\r\nnilai kelas eksperimen dalam keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 86\r\nsangat mampu. Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas\r\nkontrol dengan menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil perhitungan tersebut\r\ndiperoleh data harga t0= 2,73 dan d.b. = 60 hasilnya 1,67 < 2,73 > 2,39 dengan\r\ndemikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung. Hasil tersebut menunjukan bahwa\r\npenggunaan model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan\r\nketerampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor.\r\nHipotesis kedua yaitu, terdapat berbagai kendala yang dialami siswa kelas X SMK\r\nTelekomedika Kota Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui\r\npenggunaan model pembelajaran probing prompting learning. Kendala tersebut\r\ndibuktikan dengan adanya hasil analisis angket. Terdapat 20 siswa atau 65% yang\r\nmengalami kendala dalam menulis puisi. Kemudian 18 siswa atau 58% mengalami\r\nkendala menentukan suasana pada saat menulis puisi. Ada pula 20 siswa atau 65%\r\nmengalami kendala menentukan makna pada saat menulis puisi serta 22 siswa atau\r\n71% mengalami kendala menentukan diksi pada saat menulis puisi. Dengan demikian\r\nmodel probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi\r\nmeskipun siswa masih mengalami kendala dalam menulis puisi, pemilihan suasana,\r\npemilihan makna, dan pemilihan diksi dalam menulis puisi.\r\nKata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model pembelajaran probing prompting\r\nlearning."^^ . "2018" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Ardiansyah"^^ . "Ardiansyah"^^ . "Ardiansyah Ardiansyah"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning\r\ndalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK\r\nTelekomedika Kota Bogor (Text)"^^ . . . "ARDI_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9153 \n\nPenggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning \ndalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK \nTelekomedika Kota Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .