eprintid: 9153 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/53 datestamp: 2025-03-05 04:12:05 lastmod: 2025-03-05 04:12:05 status_changed: 2025-03-05 04:12:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ardiansyah, Ardiansyah creators_NPM: 032114021 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0016116501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Ardiansyah: Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Telekomedia Kota Bogor serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Sampel penelitian ini yaitu kelas X Keperawatan 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Keperawatan 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 68 cukup mampu, dalam keterampilan menulis puisi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 86 sangat mampu. Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh data harga t0= 2,73 dan d.b. = 60 hasilnya 1,67 < 2,73 > 2,39 dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Hipotesis kedua yaitu, terdapat berbagai kendala yang dialami siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan model pembelajaran probing prompting learning. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket. Terdapat 20 siswa atau 65% yang mengalami kendala dalam menulis puisi. Kemudian 18 siswa atau 58% mengalami kendala menentukan suasana pada saat menulis puisi. Ada pula 20 siswa atau 65% mengalami kendala menentukan makna pada saat menulis puisi serta 22 siswa atau 71% mengalami kendala menentukan diksi pada saat menulis puisi. Dengan demikian model probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi meskipun siswa masih mengalami kendala dalam menulis puisi, pemilihan suasana, pemilihan makna, dan pemilihan diksi dalam menulis puisi. Kata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model pembelajaran probing prompting learning. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ardiansyah, Ardiansyah (2018) Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9153/1/ARDI_compressed.pdf