<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Model Inquiri Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciawi Kabupaten Bogor"^^ . "Nurmila Ardianti: Penerapan Model Inquiry Based Learning Untuk\r\nmeningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Kelas XI SMAN 1 Ciawi.\r\nProgram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu\r\nPendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model inquiry based\r\nlearning dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada peserta didik kelas\r\nXI SMAN 1 Ciawi serta mengetahui kendala pada peserta didik kelas XI SMAN 1\r\nCiawi dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui model inquiry\r\nbased learning. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1\r\nCiawi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan\r\nkelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluser random\r\nsampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model Inqury Based Learning dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis cerpen dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut\r\ndibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata kelas 61,25 dapat diketahui keterampilan peserta didik cukup mampu dalam\r\nmenulis cerpen, sedangkan tes akhir rata-rata kelas eksperimen dalam menulis cerpen\r\nmeningkat menjadi 79,6 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil perbandingan\r\nmean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh\r\nharga t0=3,26 dan hasil d.b = 58 dengan tttaraf signifikasi 1% sebesar sebesar 2,39\r\nserta tttaraf signifikasi 5% sebesar 1,67 dan apabila dituliskan menjadi (1,67\r\n2,39). Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen.\r\nHipotesis kedua, yaitu peserta didik mengalami kendala dalam menulis cerpen\r\nterbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada\r\nproses menulis13 peserta didik atau 43,3% kesulitan dalam menentukan judul adapun\r\n16 peserta didik atau53,3% kesulitan dalam mengembangkan ide pada saat menulis\r\ncerpen dan 19 peserta didik atau63,3% kesulitan dalam memilih kosa kata pada saat\r\nmenulis cerpen.\r\nKata kunci: cerpen, model inquiry based learning"^^ . "2019" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Budiana"^^ . "Sandi"^^ . "Budiana Sandi"^^ . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Ardianti"^^ . "Nurmila"^^ . "Ardianti Nurmila"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Model Inquiri Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciawi Kabupaten Bogor (Text)"^^ . . . "PENERAPAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9154 \n\nPenerapan Model Inquiri Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciawi Kabupaten Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .