%I Universitas Pakuan %L eprintsunpak9154 %D 2019 %X Nurmila Ardianti: Penerapan Model Inquiry Based Learning Untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Kelas XI SMAN 1 Ciawi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model inquiry based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Ciawi serta mengetahui kendala pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Ciawi dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui model inquiry based learning. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Ciawi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluser random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model Inqury Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata kelas 61,25 dapat diketahui keterampilan peserta didik cukup mampu dalam menulis cerpen, sedangkan tes akhir rata-rata kelas eksperimen dalam menulis cerpen meningkat menjadi 79,6 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh harga t0=3,26 dan hasil d.b = 58 dengan tttaraf signifikasi 1% sebesar sebesar 2,39 serta tttaraf signifikasi 5% sebesar 1,67 dan apabila dituliskan menjadi (1,67 2,39). Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu peserta didik mengalami kendala dalam menulis cerpen terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada proses menulis13 peserta didik atau 43,3% kesulitan dalam menentukan judul adapun 16 peserta didik atau53,3% kesulitan dalam mengembangkan ide pada saat menulis cerpen dan 19 peserta didik atau63,3% kesulitan dalam memilih kosa kata pada saat menulis cerpen. Kata kunci: cerpen, model inquiry based learning %A Ardianti Nurmila %T Penerapan Model Inquiri Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciawi Kabupaten Bogor