%0 Thesis %9 Skripsi %A Novi, Nurhayati %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2019 %F eprintsunpak:9156 %I Universitas Pakuan %T Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Persuasif dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah AlAsiyah Al-Ghazaly Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/9156/ %X Novi Nurhayati: Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Persuasif dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah AlAsiyah Al-Ghazaly Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kalimat persuasif dengan keterampilan menulis teks negosiasi. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor, dengan jumlah sampel 30 siswa yang diambil dari empat kelas, yaitu X MIA 1, VIII-2, VIII-3 dan VIII-4. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan quota random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pilihan ganda dan tes uraian keterampilan menulis teks negosiasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment (pearson). Penguasaan kalimat persuasif pada siswa kelas X Madrasah Aliyah AL-Ghazaly Bogor diperoleh nilai rata-rata sebesar 71, dan keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor dengan nilai rata-rata sebesar 68. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara penguasaan kalimat persuasif dengan keterampilan menulis teks negosiasi dengan koefisien korelasi lemah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi penguasaan kalimat persuasif pada keterampilan menulis teks negosiasi sebesar 0,226 atau dalam taraf lemah. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel yang terdapat pada tabel korelasi product moment diperoleh keterangan bahwa taraf signifikan 5% menujukkan 0,374 dan taraf signifikan 1% menunjukkan 0,478 bahwa rt (5% = 0,361) > (rxy = 0,226) < rt (1% = 0,463) n=30. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan kalimat persuasif (X) dengan keterampilan menulis teks negosiasi (Y) baik pada taraf 5% maupun 1%, Hₐ diterima, dan H˳ ditolak. Dengan kata lain, 22% penguasaan kalimat persuasif memberi kontribusi terhadap keterampilan menulis teks negosiasi, sedangkan 78% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata kunci: Penguasaan Kalimat Persuasif, Teks Negosiasi, Menulis