TY - THES PB - Universitas Pakuan AV - public N2 - Antika Lestari: Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Ciawi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model learning cycle dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMAN 1 Ciawi dan mengetahui aktivitas siswa kelas X SMAN 1 Ciawi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui penerapan model learning cycle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Ciawi. Sementara, sampel penelitian ini adalah kelas X-10 (IPS 4) sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa, dan kelas X-9 (IPS 3) sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengujian hipotesis pertama yaitu penerapan model learning cycle dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan penghitungan diperoleh ttes= 3,76 dan d.b= 58. Nilai d.b.= 58 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b.yang mendekati, yaitu d.b 60 dan diperoleh t0 0,05 = 1,67 dan t0 0,01 = 2,39. Dengan demikian, ttes signifikan karena nilai tabel Y1 - 2019/// UR - http://eprints.unpak.ac.id/9157/ A1 - Antika, Lestari ID - eprintsunpak9157 TI - Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Ciawi M1 - Skripsi ER -