eprintid: 9157 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/57 datestamp: 2025-03-05 04:12:24 lastmod: 2025-03-05 04:12:24 status_changed: 2025-03-05 04:12:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Antika, Lestari creators_NPM: 032115070 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Sandi, Budiana contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0421106801 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Ciawi ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Antika Lestari: Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Ciawi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model learning cycle dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMAN 1 Ciawi dan mengetahui aktivitas siswa kelas X SMAN 1 Ciawi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui penerapan model learning cycle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Ciawi. Sementara, sampel penelitian ini adalah kelas X-10 (IPS 4) sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa, dan kelas X-9 (IPS 3) sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengujian hipotesis pertama yaitu penerapan model learning cycle dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan penghitungan diperoleh ttes= 3,76 dan d.b= 58. Nilai d.b.= 58 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b.yang mendekati, yaitu d.b 60 dan diperoleh t0 0,05 = 1,67 dan t0 0,01 = 2,39. Dengan demikian, ttes signifikan karena nilai tabel date: 2019 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Antika, Lestari (2019) Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Ciawi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9157/1/PENERAPAN%20MODEL%20LEARNING%20CYCLE%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20TEKS%20LAPORAN%20HASIL%20OBSERVA.pdf