eprintid: 9159 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/59 datestamp: 2025-03-05 04:12:28 lastmod: 2025-03-05 04:12:28 status_changed: 2025-03-05 04:12:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lani, Ajeng Crysant creators_NPM: 032113086 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_name: Rina, Rosdiana contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa kelas IX MTS Al-Amanah Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Lani Ajeng Crysant: Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa kelas IX MTS Al-Amanah Bogor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran AudioVisual dalam meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi pada siswa kelas IX MTS Al-Amanah Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes (angket dan observasi). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS PGRI Al-Amanah Bogor yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diperoleh adalah IX-A sebagai kelas eksperimen dan IX-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapam media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 58,53% sedangkan pada hasil postes memperoleh nilai rata-rata 80,4% dengan taraf kemampuan cukup berhasil. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 61,6%. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan perbedaan mean diperoleh harga thitung= 3,07 dan db=56. Dari db 60 diperoleh harga t0,05= 2,39 dan harga t0,01= 1,67 dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitungsignifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,672,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menyimpulkan kembali teks diskusi teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, menyatakan sebanyak 10 siswa (34%) mengalami kendala dalammenyimpulkan teks diskusi, kemudian menunjukkan 9 siswa (30%) mengalami kendala dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru, dan sebanyak 13 siswa (44%) siswa mengalami kendala dalam menuangkan ide atau pikiran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Diskusi pada Kelas IX MTS AL-Amanah Bogor meskipun pada saat menulis teks diskusi siswa masih mengalami kendala. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Lani, Ajeng Crysant (2018) Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa kelas IX MTS Al-Amanah Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9159/1/Lani%20Ajeng%20Crysant.pdf