<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor."^^ . "Ahmad Rizki Fathan. 032119089. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis\r\nAplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.\r\nSkripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman,\r\nM.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.\r\nMedia pembelajaran adalah sebuah sarana dan prasarana yang digunakan oleh guru\r\nuntuk menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan dan minat peserta didik\r\nselama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\npenerapan media pembelajaran aplikasi LINE dalam meningkatkan keterampilan\r\nmenulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Metode yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan\r\nteknik pengumpulan data berupa tes dan nontes (angket dan observasi). Populasi yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas\r\neksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik\r\nCluster Sampling. Hipotesis pertama yaitu media pembelajaran aplikasi LINE dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota\r\nBogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya\r\ndata pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 56,47 (kurang berhasil),\r\nsedangkan pada hasil posttest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 86,72\r\n(sangat berhasil). Sementara pada data pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata\r\n56,16 (kurang berhasil) dan hasil data posttest kelas kontrol meningkat dengan nilai\r\nrata-rata 77,93 (berhasil). Hasil perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol\r\ndengan rumus uji-t, diperoleh thitung=5,40 dan db=46, diperoleh ttabel pada taraf\r\nsignifikan 5%=1.67 dan ttabel pada taraf signifikan 1%=2.41. Dengan demikian, nilai\r\nthitung lebih besar daripada ttabel yaitu 1.672.41. Hipotesis kedua yaitu terdapat\r\nkendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks ceramah dengan menggunakan\r\nmedia pembelajaran aplikasi LINE pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.\r\nKendala tersebut dibuktikan dengan adanya analisis angket yang menyatakan\r\nsejumlah 8 peserta didik (33%) mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah\r\nkebahasaan aspek “menggunakan kata teknis”; sejumlah 10 peserta didik (42%)\r\nmengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah kebahasaan aspek “menggunakan\r\nkata kerja mental”; sejumlah 10 peserta didik (42%) mengalami kesulitan dalam\r\nmenulis teks ceramah dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Dengan\r\ndemikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi\r\nLINE dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI\r\nSMAN 4 Kota Bogor meskipun masih mengalami kendala.\r\nKata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Ceramah, Aplikasi LINE"^^ . "2023" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Chodijah"^^ . "Siti"^^ . "Chodijah Siti"^^ . . "Rizki Fathan"^^ . "Ahmad"^^ . "Rizki Fathan Ahmad"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. (Text)"^^ . . . "AHMAD RIZKI FATHAN.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9170 \n\nPenerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .