eprintid: 9193 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/91/93 datestamp: 2025-03-06 06:08:32 lastmod: 2025-03-06 06:08:32 status_changed: 2025-03-06 06:08:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayat, Deftri Ramdhiani creators_name: Adinugraha, Yogaprasta creators_name: Amaliasari, Diana creators_name: Rizkawati, Nurtriana creators_NPM: 044117073 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Adinugraha, Yogaprasta contributors_name: Amaliasari, Diana contributors_name: Rizkawati, Nurtriana contributors_name: , contributors_NIDN: 0407128503 contributors_NIDN: 0416098404 corp_creators: Unifersitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: Hubungan antara Terpaan Tayangan Reality Show “Nyonya Boss” Trans TV dengan Perilaku Mendidik Anak di Kalangan Ibu Rumah Tangga (Kasus pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gunung Putri ispublished: pub divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan antara karakteristik ibu rumah tangga dan terpaan tayangan sebagai variabel bebas (independen) dengan perilaku mendidik anak sebagai variabel terikat (dependen). Variabel karakteristik ibu rumah tangga memiliki beberapa indikator dalam kerangka berpikir yaitu, usia, pendidikan, pendapatan, dan status pernikahan. Kemudian variabel terpaan tayangan diukur dengan frekuensi dan durasi. Satu – satunya variabel dependen, perilaku mendidik anak mencakup komponen kognitif, afektik, dan konatif. Saat ini media massa paling banyak dipilih oleh khalayak sebagai media hiburan dan informasi, hal itu berkaitan dengan teori uses and gratifications dimana penonton sangat berperan aktif dalam memilih media massa untuk dikonsumsinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif karena berkaitan dengan gejala sosial. Populasi pada penelitian ini yaitu ibu rumah tangga di Kecamatan Gunung Putri yang sudah memiliki anak dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota karena pengumpulan data primer berasal dari penyebaran kuisioner dan wawancara dengan narasumber. Sedangkan data sekunder berasal dari buku, jurnal, atau skripsi. Penelitian ini juga menggunakan skala pengukuran ordinal dan rasio untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Analisis data menggunakan koefisien korelasi dengan rumus statistik Pearson Product Moment dan Rank Spearman, yang hasilnya bahwa terpaan tayangan berhubungan dengan perilaku mendidik anak namun bersifat negatif. Kata kunci : k date: 2021-12-19 date_type: published pages: 88 institution: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author citation: Hidayat, Deftri Ramdhiani and Adinugraha, Yogaprasta and Amaliasari, Diana and Rizkawati, Nurtriana (2021) Hubungan antara Terpaan Tayangan Reality Show “Nyonya Boss” Trans TV dengan Perilaku Mendidik Anak di Kalangan Ibu Rumah Tangga (Kasus pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gunung Putri. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9193/1/Deftri%20Ramdhiani%20Hidayat_044117073%20-%20Deftri%20Ramdhiani%20H.pdf