%I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya %L eprintsunpak9196 %D 2022 %X Penelitian ini membahas tentang pengaruh terpaan iklan Shopee COD di Televisi terhadap minat belanja online di aplikasi Shopee (studi pada pengguna remaja di Kabupaten Bogor). Iklan adalah segala bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Terpaan iklan terjadi ketika sebuah iklan ditempatkan sehingga pembeli prospektif dapat melihat, mendengar, atau membaca iklan tersebut. Banyak perusahaan yang ingin mengiklankan produk mereka di stasiun televisi. Terutama sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen, termasuk dalam hal mengkonsumsi media. Menurut pantauan (Nielsen, 2020) pada bulan Maret 2020 rata-rata kepemirsaan TV di 11 kota meningkat, dari rata-rata rating 12% di tanggal 11 Maret, menjadi 13,8% di tanggal 18 Maret atau setara dengan penambahan sekitar 1 juta pemirsa TV. Durasi menonton TV pun mengalami lonjakan lebih dari 40 menit, dari rata-rata 4 jam 48 menit di tanggal 11 Maret, menjadi 5 jam 29 menit di tanggal 18 Maret. Iklan Shopee COD di Televisi bermaksud memberitakukan kepada masyarakat bahwa aplikasi belanja online Shopee menawarkan pembayaran menggunakan COD (cash on delivery). Shopee bermaksud memberikan kemudahan kepada konsumennya dalam hal pembayaran, jika konsumennya tidak memiliki bank/shopeepay maka bisa menggunakan COD sebagai pilihan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana terpaan iklan Shopee COD di Televisi mempengaruhi minat belanja online di aplikasi Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teori uses and effect. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah remaja Kabupaten Bogor yang pernah menonton iklan Shopee COD di Televisi. Sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan sampling insidental. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, skor rataan, asumsi klasik, dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan Shopee COD di Televisi memiliki pengaruh terhadap minat belanja online di aplikasi Shopee sebesar 28,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. %A Artamevia Wulandari %A TIARA PUSPANIDRA %A Imani Sastriani %A Roni Jayawinangun %T Pengaruh Terpaan Iklan Shopee COD di Televisi Terhadap Minat Belanja Online di Aplikasi Shopee (Studi Pada Pengguna Remaja di Kabupaten Bogor)