<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . ": Analisis Strategi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.\r\nTelah berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai bagian persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komusikasi, pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan."^^ . "BLESSCHA AURIA SHANTINI 044116208. 2021. Analisis Strategi Customer\r\nRelationship Management (CRM) Dalam Menjalin Hubungan Dengan\r\nPelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan\r\nKabupaten Bogor. Program Studi Ilmu Komunikasi, , Fakultas Ilmu Sosial dan\r\nIlmu Budaya, Universitas Pakuan Bogor. Di Bawah Bimbingan: Imani Satriani dan\r\nFeri Ferdinan.\r\nCustomer Relationship Management (CRM) adalah usaha sebuah perusahaan untuk\r\nmenjaga konsumen dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi konsumen baik\r\nlewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staff sales\r\ndan marketing. Serta strategi CRM dalam bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan\r\nyang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan\r\ndengan para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi\r\nCustomer Relationship Management (CRM) PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten\r\nBogor dalam menjalin hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan dan\r\nuntuk mengetahui hambatan yang dihadapi humas PDAM Tirta Kahuripan\r\nKabupaten Bogor dalam proses terlaksananya strategi CRM. Penelitian ini\r\nmerupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Jenis dan sumber data menggunakan\r\ndata primer, data sekunder. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan\r\nmetode wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan\r\ntriangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan kondensi data, penyajian\r\ndata, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan, PDAM Tirta\r\nKahuripan menerapkan 3 tataran strategi Customer Relationship Management\r\n(CRM). CRM strategis yang terfokus pada pelayanan pelanggan. PDAM Tirta\r\nKahuripan melakukan pembagian tugas atau job description yang terbagi sesuai\r\nperan dan tugasnya serta budaya organisasi service excellent yaitu senyum, salam,\r\nsapa. Pada CRM Operasional dengan melakukan pemasaran dan promosi melalui\r\nmedia sosial dan adanya otomatisasi layanan yaitu melayani pelanggan secara\r\nlangsung maupun melalui media sosial atau contact center untuk menangani\r\nkeluhan pelanggan. Serta pada CRM Analitis dengan membuat database khusus\r\npelanggan yang bertujuan untuk menyimpan data laporan keluhan pelanggan.\r\nKata kunci: Analitis, Customer Relationship Management (CRM), Hubungan\r\nPelanggan, Operasional, Pelanggan, Strategis"^^ . "2021" . . . "Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya"^^ . . . "Humas, Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "Imani"^^ . "Satriani"^^ . "Imani Satriani"^^ . . "Imani"^^ . "Satrani"^^ . "Imani Satrani"^^ . . "Dini"^^ . "Valdiani"^^ . "Dini Valdiani"^^ . . "Feri Ferdinan"^^ . "Alamsyah"^^ . "Feri Ferdinan Alamsyah"^^ . . "Blesscha Auria"^^ . "Shantini"^^ . "Blesscha Auria Shantini"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya"^^ . . . "Ilmu Komunikasi"^^ . . . . . . . ": Analisis Strategi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.\r\nTelah berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai bagian persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komusikasi, pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan. (Text)"^^ . . . "Blesscha Auria Shantini_044116208 - Blesscha Auria Shantini.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9198 \n\n: Analisis Strategi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. \nTelah berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai bagian persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komusikasi, pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan.\n\n" . "text/html" . .