TY - THES PB - Universitas Pakuan AV - public N2 - Nuning Wahyuni. 032120028. Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Teks Drama Kelas XI SMAN 1 Cijeruk Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Bahan ajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran, karena membantu pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan pembelajaran abad 21, di mana bahan ajar sudah mengalami perkembangan, salah satunya terciptanya bahan ajar yang lebih praktis dan interaktif. Namun, bahan ajar yang masih digunakan di SMAN 1 Cijeruk yaitu buku cetak serta modul pdf. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berupa e-modul interaktif yang telah dibuat dan bagaimana efektivitas dari bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil produk dari validasi ahli materi mendapatkan skor 81% (sangat valid), hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 85% (sangat valid), dan hasil validasi dengan ahli media mendapatkan skor 88% (sangat valid) sehingga produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil respons dari pendidik mendapatkan skor 100% dengan kriteria sangat valid serta hasil respons dari peserta didik mendapatkan skor 80% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi dan hasil respons menunjukkan bahwa produk tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks drama. Kata kunci: Bahan Ajar, E-modul Interaktif, dan Teks Drama. Y1 - 2024/// UR - http://eprints.unpak.ac.id/9204/ A1 - Nuning, Wahyuni ID - eprintsunpak9204 TI - Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Teks Drama Kelas XI SMAN 1 Cijeruk Kabupaten Bogor. M1 - Skripsi ER -