%0 Thesis %9 Skripsi %A Gita, Setyani %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2023 %F eprintsunpak:9209 %I Universitas Pakuan %T Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/9209/ %X Gita Setyani. 032119002. Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Stella Talitha, M.Pd. dan M. Firman Al-Fahad, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Buku Pop-Up dalam meningkatkan kemampuan menulis teks fabel serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis fabel menggunakan media Buku Pop-Up. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penggunaan media Buku Pop-Up dapat meningkatkan keterampilan menulis teks fabel. Hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata di kelas eksperimen yaitu nilai prates kelas eksperimen 52,5 (kurang mampu) dan nilai pascates mengalami peningkatan yaitu 75,7 (mampu). Nilai pada kelas kontrol pun mengalami peningkatan dengan menggunakan media puzzle. Hasil nilai kelas eksperimen lebih signifikan meningkat dibandingkan kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata prates di kelas kontrol 54,6 (kurang mampu) dan nilai rata-rata pascates kelas kontrol 74,4 (cukup mampu). Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-test thitung = 5,20 dan db = 68. Hasil dari db 68 diperoleh harga t0,05 = 1,66 dan harga t0,01 = 2,38 dan apabila dituliskan menjadi 1,662,38. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian dari siswa kelas VII SMP PGRI 2 Bogor masih mengalami kendala dalam menuangkan ide dengan persentase 37%, menentukan konflik dengan persentase 54%, menyusun cerita dengan memperhatikan unsur intrinsik dengan persentase 48%, dan menyusun langkah menulis cerita dengan persentase 46%. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP PGRI 2 Bogor masih mengalami kendala. Kata Kunci: keterampilan menulis, media buku Pop-Up, teks fabel