<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam\r\nMeningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP\r\nPGRI 2 Bogor"^^ . "Gita Setyani. 032119002. Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam\r\nMeningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP\r\nPGRI 2 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Stella\r\nTalitha, M.Pd. dan M. Firman Al-Fahad, M.Pd.\r\nTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Buku Pop-Up\r\ndalam meningkatkan kemampuan menulis teks fabel serta mengetahui kendala yang\r\ndialami siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis fabel menggunakan media\r\nBuku Pop-Up. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode\r\neksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan\r\nangket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas\r\neksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel\r\nmenggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya,\r\npenggunaan media Buku Pop-Up dapat meningkatkan keterampilan menulis teks\r\nfabel. Hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata di kelas eksperimen yaitu nilai\r\nprates kelas eksperimen 52,5 (kurang mampu) dan nilai pascates mengalami\r\npeningkatan yaitu 75,7 (mampu). Nilai pada kelas kontrol pun mengalami\r\npeningkatan dengan menggunakan media puzzle. Hasil nilai kelas eksperimen lebih\r\nsignifikan meningkat dibandingkan kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata prates di kelas\r\nkontrol 54,6 (kurang mampu) dan nilai rata-rata pascates kelas kontrol 74,4 (cukup\r\nmampu). Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan\r\nrumus t-test thitung = 5,20 dan db = 68. Hasil dari db 68 diperoleh harga t0,05 = 1,66\r\ndan harga t0,01 = 2,38 dan apabila dituliskan menjadi 1,662,38. Hal ini\r\nmembuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas\r\neksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian dari siswa\r\nkelas VII SMP PGRI 2 Bogor masih mengalami kendala dalam menuangkan ide\r\ndengan persentase 37%, menentukan konflik dengan persentase 54%, menyusun\r\ncerita dengan memperhatikan unsur intrinsik dengan persentase 48%, dan menyusun\r\nlangkah menulis cerita dengan persentase 46%. Dengan begitu, dapat disimpulkan\r\nbahwa siswa kelas VII SMP PGRI 2 Bogor masih mengalami kendala.\r\nKata Kunci: keterampilan menulis, media buku Pop-Up, teks fabel"^^ . "2023" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Talitha"^^ . "Stella"^^ . "Talitha Stella"^^ . . "Setyani"^^ . "Gita"^^ . "Setyani Gita"^^ . . "Alfahad"^^ . "M. Firman"^^ . "Alfahad M. Firman"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaan Media Buku Pop-Up dalam\r\nMeningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP\r\nPGRI 2 Bogor (Text)"^^ . . . "SKRIPSI GITA SETYANI FULL+SCANAN (1)_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9209 \n\nPenggunaan Media Buku Pop-Up dalam \nMeningkatkan Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP \nPGRI 2 Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .