eprintid: 9225 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/25 datestamp: 2025-03-08 06:33:07 lastmod: 2025-03-08 06:33:07 status_changed: 2025-03-08 06:33:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vitriana, Tri Sukma creators_NPM: 032116005 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0428047402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Resensi SMA/SMK Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang kesesuaian langkah-langkah model discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks resensi kelas XI SMA/SMK. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dianalisis sesuai dengan sintak model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan menggunakan teknik studi pustaka. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) dari tujuh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks resensi sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran discovery learning, seperti stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik simpulan), (2) model pembelajaran discovery learning dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks resensi di SMA/SMK, (3) sintak model pembelajaran discovery learning memudahkan guru dalam proses pembelajaran di kelas. date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Vitriana, Tri Sukma (2020) Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Resensi SMA/SMK Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9225/1/SKRIPSI%20VITRIANA%20TRI%20SUKMA.pdf