eprintid: 9228 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/28 datestamp: 2025-03-08 06:33:27 lastmod: 2025-03-08 06:33:27 status_changed: 2025-03-08 06:33:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ajeng, Sari Puspiani creators_NPM: 032116066 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0428047402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Teks Pidato Siswa kelas IX Smp negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Ajeng Sari Puspiani: Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang. Fokus permasalahan penelitian ini yaitu mengetahui kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang dilihat dari aspek kesepadanan, aspek keparalelan, aspek ketegasan, aspek kehematan, dan aspek kepaduan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif dengan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data, klasifikasi analisis, atau pengolahan data, dan membuat kesimpulan atau membuat laporan. Hasil penelitian ditemukan 75 kesalahan dari 32 teks pidato yang ditulis oleh siswa. Kesalahan kalimat efektif pada teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang adalah; dari aspek kesepadanan sebanyak 2 kutipan (3%), aspek keparalelan sebanyak 8 kutipan (11%), aspek ketegasan sebanyak 16 kutipan (21%), aspek kehematan sebanyak 30 kutipan (40%), dan aspek kepaduan sebanyak 19 kutipan (25%). Kesalahan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang paling banyak dilihat dari aspek kehematan, dalam aspek kehematan banyak siswa yang mengulang kata dan menggunakan kata yang tidak perlu sehingga terjadi pemborosan kata, banyak juga siswa yang menjamakkan kata ulang. Kesalahan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang dapat dijadikan bahan acuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ajeng, Sari Puspiani (2020) Analisis kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Teks Pidato Siswa kelas IX Smp negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9228/1/SKRIPSI%20Ajeng%20Sari%20Puspiani%20032116066_compressed.pdf