eprintid: 9238 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/38 datestamp: 2025-03-08 06:36:06 lastmod: 2025-03-08 06:36:06 status_changed: 2025-03-08 06:36:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bestari, Nugraha creators_NPM: 032113197 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rina, Rosdiana contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_NIDN: 0017017001 contributors_NIDN: 0016116501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Bestari Nugraha : “Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruab dan Ilmu Pendidikan, 2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran dalam menimgkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor, serta mengetahui kendala dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan menggunakan teknik tes dan teknik angket, teknik tes yang dilakukan yaitu prates dan postes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks negosiasisiswa kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor. Melalui penerapan model Project Based Learning, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala dan hambatan yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran teks negosiasi dengan model pembelajaran Project Based Learning. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor yang terdiri dari delapan kelas berjumlah 269 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa yaitu kelas APH-1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kals X APH-3 berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pemhembilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel random atau sampel acak. Berdasarkan hasil analisi data hipotesis yang pertama dapat terbukti kebenarannya, bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi . dapat terlihat dari adanya nilai menulis di kelas eksperimen. Nilai rata-rata siswa yang awalnya 52,76 menjadi 85,77. Hal itu menunjukan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 3,75 lebih besar dari pada harga t0,99 = 2,39 maupun ditaraf signifikan t0,95=1,67. Hipotesis kedua juga terbukti berdasarkan hasil analisis angket (tabel 44) menunjukn bahwa 19,35% siswa mengalami kenda pada saat memahami teks negosiasi. Angket (tabel 45) menunjukan bahwa 29,03% siswa mengalami kendala pada saat menentukan orientasi teks negosiasi. Angket (tabel 50) menunjukan bahwa 29,03% siswa mengalami kendala pada saat menentukan bahasa persuasif teks negosiasi. Angket (tabel 51) menunjukan bahwa 9,67% siswa mengalami kendala pada saat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Angket (tabel 51) menunjukan bahwa 16,12% siswa mengalami kendala pemahaman teks negosiasi setelah menggunakan model Project Based Learning. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Bestari, Nugraha (2018) Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Bhineka Nusantara Cisarua Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9238/1/Bestari%20Nugraha_compressed.pdf