eprintid: 9245 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/45 datestamp: 2025-03-08 06:36:55 lastmod: 2025-03-08 06:36:55 status_changed: 2025-03-08 06:36:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti, Hardiyani Astuti creators_NPM: 032116080 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Rina, Rosdiana contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Siti Hardiyani Astuti: Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pnedidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis, ketarampilan menulis teks diskusi, serta hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor dengan sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas IX tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan tes uraian kemampuan berpikir kritis dan tes keterampilan menulis teks diskusi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan juga analisis statistik. Hasil deskripsi data menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikatakan berkategori cukup baik dengan rata-rat nilai 72 dan keterampilan menulis teks diskusi siswa juga berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata nilai 71. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dapat diketahui tigkat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis teks diskusi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,827. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan dengan kategori sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis teks diskusi siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Siti, Hardiyani Astuti (2020) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9245/1/Siti%20Hardiyani%20Astuti.pdf