<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas V SDN Ciluar 03 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran2016/2017"^^ . "Syafira Rully Fajrin, 037113194. Peningkatan Keterampilan Menulis\r\nSiswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model\r\nPembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition siswa\r\nkelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 03 Kota Bogor Tahun Pelajaran\r\n2016/2017.\r\nPenelitian ini dengan pendekatan penlitian tindakan kelas yang\r\ndilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini,\r\nuntuk mengetahui perbaikan proses dan hasil keterampilan menulis siswa\r\npada materi menulis laporan kunjungan mata pelajaran Bahasa Indonesia\r\nsiswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative\r\nIntegrated Reading and Composition.\r\nSubyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri\r\nCiluar 03 Kota Bogor sebanyak 40 siswa, dengan jumlah laki-laki\r\nsebanyak 20 siswa dan jumlah perempuan sebanyak 20 siswa.\r\nPelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun\r\npelajaran 2016/2017.\r\nPenelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, satu kali pertemuan\r\nterdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan\r\ntindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan\r\npenilaian pelaksanaan pembelajaran menunjukan adanya peningkatan\r\nndengen memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 74,59 , sedangkan\r\npada siklus kedua yaitu 81,045. Begitu pula dengan observasi siswa\r\nmenunjukan adanya peningkatan keberanian, kerjasama, dan tanggung\r\njawab dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama 70,7 dan\r\npada diklus kedua 80,1. Begitu pula dengan dengan ketuntasan hasil\r\nketerampilan menulis laporan kunjungan pada siklus pertama memperoleh\r\nnilai dengan rata-rata 68,42 dan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang\r\n(47,5%) termasuk ke dalam kategori belum berhasil, sedangan pada\r\nsiklus kedua memperoleh nilai dengan rata-rata 83,72 dan siswa yang\r\nsudah tuntas sebanyak 35 orang (87,5%) termasuk ke dalam kategori\r\nberhasil.\r\nPenelitian ini berkesimpulan, bahwa penerapan model pembelajan\r\nCooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan\r\nketerampilan menulis siwa pada materi menulis laporan kunjungan, mata\r\npelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri\r\nCiluar 03 Kota Bogor. Selain tu model pembelajaran Cooperative\r\nIntegrated Reading and Composition dapat meningkatkan perubahan\r\nperilkau siswa dalam aspek, keberanian, kerjasama, dan tanggung jawab."^^ . "2016" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Rully Fajrin"^^ . "Syafira"^^ . "Rully Fajrin Syafira"^^ . . "Budiana"^^ . "Sandi"^^ . "Budiana Sandi"^^ . . "Muhajang"^^ . "Tatang"^^ . "Muhajang Tatang"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas V SDN Ciluar 03 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran2016/2017 (Text)"^^ . . . "Syafira Rully Fajrin.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9248 \n\nPeningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas V SDN Ciluar 03 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .