eprintid: 9248 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/48 datestamp: 2025-03-08 06:37:13 lastmod: 2025-03-08 06:37:13 status_changed: 2025-03-08 06:37:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syafira, Rully Fajrin creators_NPM: 037113194 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas V SDN Ciluar 03 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Syafira Rully Fajrin, 037113194. Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 03 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dengan pendekatan penlitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui perbaikan proses dan hasil keterampilan menulis siswa pada materi menulis laporan kunjungan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 03 Kota Bogor sebanyak 40 siswa, dengan jumlah laki-laki sebanyak 20 siswa dan jumlah perempuan sebanyak 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, satu kali pertemuan terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan penilaian pelaksanaan pembelajaran menunjukan adanya peningkatan ndengen memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 74,59 , sedangkan pada siklus kedua yaitu 81,045. Begitu pula dengan observasi siswa menunjukan adanya peningkatan keberanian, kerjasama, dan tanggung jawab dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama 70,7 dan pada diklus kedua 80,1. Begitu pula dengan dengan ketuntasan hasil keterampilan menulis laporan kunjungan pada siklus pertama memperoleh nilai dengan rata-rata 68,42 dan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang (47,5%) termasuk ke dalam kategori belum berhasil, sedangan pada siklus kedua memperoleh nilai dengan rata-rata 83,72 dan siswa yang sudah tuntas sebanyak 35 orang (87,5%) termasuk ke dalam kategori berhasil. Penelitian ini berkesimpulan, bahwa penerapan model pembelajan Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis siwa pada materi menulis laporan kunjungan, mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciluar 03 Kota Bogor. Selain tu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan perubahan perilkau siswa dalam aspek, keberanian, kerjasama, dan tanggung jawab. date: 2016 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Syafira, Rully Fajrin (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition: Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas V SDN Ciluar 03 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9248/1/Syafira%20Rully%20Fajrin.pdf