<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cinangka 02 Kp. Oray Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019."^^ . "Aminah Anggriani. NPM 037114360. “Penerapan Model Pembelajaran\r\nKooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu\r\nPengetahuan Sosial ” Studi Penelitian Tindakan Kelas di kelas V Sekolah\r\nDasar Negeri Cinangka 02 Kecamatan Ciampea Kota Bogor tahun\r\npelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah\r\nDasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor\r\n2019. Dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan obyek\r\nyang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses\r\npembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini\r\nadalah siswa kelas V terdiri dari 17 siswa perempuan dan 19 siswa lakilaki. Hasil belajar pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar\r\nsebesar 72% dan 89% pada siklus II. Sedangkan hasil perubahan sikap\r\nsiswa menunjukan adanya peningkatan pada keaktifan, kerjasama, dan\r\nkedisiplinan denga nilai rata-rata sebesar 77,5 pada siklus I dengan\r\ninterpretasi baik, dan 84 pada siklus II dengan interpretasi sangat baik.\r\nSelain itu, terjadi peningkatan pada perubahan aspek psikomotor siswa\r\npada bahasa lisan, kesesuaian peran dan keberanian dengan nilai ratarata 73 berinterpretasi baik pada siklus I, dan 84 pada siklus II dengan\r\ninterpretasi sangat baik. Begitu pula dengan pelaksanaan pembelajaran\r\nyang mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77\r\ndan pada siklus II yaitu 79, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dari hasil\r\npenelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif\r\nJigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu\r\nPengetahuan Sosial di kelas V SDN Cinangka 02 Kecamatan Ciampea\r\nKota Bogor, selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan sikap\r\ndan psikomotor siswa dalam proses pembelajaran."^^ . "2019" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Badruzzaman"^^ . "Nedin"^^ . "Badruzzaman Nedin"^^ . . "Siti Sundari"^^ . "Fitri"^^ . "Siti Sundari Fitri"^^ . . "Anggriani"^^ . "Aminah"^^ . "Anggriani Aminah"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cinangka 02 Kp. Oray Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. (Text)"^^ . . . "AMINAH ANGGRAINI_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9280 \n\nPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cinangka 02 Kp. Oray Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .