TY - THES A1 - Aminah, Anggriani PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/9280/ TI - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cinangka 02 Kp. Oray Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. AV - public Y1 - 2019/// ID - eprintsunpak9280 N2 - Aminah Anggriani. NPM 037114360. ?Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ? Studi Penelitian Tindakan Kelas di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cinangka 02 Kecamatan Ciampea Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan obyek yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V terdiri dari 17 siswa perempuan dan 19 siswa lakilaki. Hasil belajar pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 72% dan 89% pada siklus II. Sedangkan hasil perubahan sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada keaktifan, kerjasama, dan kedisiplinan denga nilai rata-rata sebesar 77,5 pada siklus I dengan interpretasi baik, dan 84 pada siklus II dengan interpretasi sangat baik. Selain itu, terjadi peningkatan pada perubahan aspek psikomotor siswa pada bahasa lisan, kesesuaian peran dan keberanian dengan nilai ratarata 73 berinterpretasi baik pada siklus I, dan 84 pada siklus II dengan interpretasi sangat baik. Begitu pula dengan pelaksanaan pembelajaran yang mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77 dan pada siklus II yaitu 79, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN Cinangka 02 Kecamatan Ciampea Kota Bogor, selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan sikap dan psikomotor siswa dalam proses pembelajaran. M1 - Skripsi ER -