eprintid: 9283 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/83 datestamp: 2025-03-11 06:29:20 lastmod: 2025-03-11 06:29:20 status_changed: 2025-03-11 06:29:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Andina, Andina creators_NPM: 037116165 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Griet, Helena Laihad contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Hubungan Konsep Diri Dengan Kedisiplinan Siswa: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor Semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Andina. 037116165. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa pada siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Polisi 4 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi, subyek penelitian ini berjumlah 110 siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Polisi 4 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 52 peserta didi yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk Konsep Diri dan Kedisiplinan Siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,0769 < Ltabel = 0,1228 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 55,0397 < Ftabel= 4,03 yang bersifat homogen. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederha dengan Ŷ = 29,42 + 0,70 X artinya setiap peningkatan satu unit Konsep Diri maka akan meningkatkan kedisiplinan siswa sebesar 0,70 unit. Pengujuan korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,72 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel yang sangat kuat. Persyaratan uji hipotesis statistika; H0 : ρy = 0 (tidak terdapat hubungan Konsep Diri (X) dengan Kedisiplinan Siswa (Y)); Ha : ρy > 0 terdapat hubungan Konsep Diri (X) dengan Kedisiplinan Siswa (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa pada kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. date: 2021 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Andina, Andina (2021) Hubungan Konsep Diri Dengan Kedisiplinan Siswa: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor Semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9283/1/ANDINA%20037116165.pdf