%X ABSTRAK Hanifa Nadhira Saputri. 037117136. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil belajar Subtem Usaha Pelestarian Lingkungan. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negri Babakan Dramaga 04, Kabupaten Bogor. subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B di Sekolah Dasar Negri Bababkan Dramaga 04, Kabupaten Bogor yang terdiri dari 60 peserta didik, penelitian ini dilakukan pada bulan April semester genap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Probelm Based Learning terhadap hasil belajar Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Hal ini terlihat dari nilai N-gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen sebesar 87%, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-gain sebesar 56. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 35%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (5,4790) > ttabel (2,00172). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar, Probelm Based Learning, Media Pembelajaran %I Universitas Pakuan %D 2021 %A HANIFA NADHIRA SAPUTRI %A Wawan Syahiril Anwar %A Suci Siti Latifah %L eprintsunpak929 %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negri Babakan Dramaga 04 Kabupaten Bogor. Semester Genap Tahun Pembelajaran 2020/2021