%L eprintsunpak9291 %D 2022 %T Pengaruh Media Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quaai pada Peserta Didik Kelas V A dan V B SDN Tegal 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. %A Rahayu Millenia Dhera %I Universitas Pakuan %X Dhera Rahayu Millenia. 037118154. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Media Animasi terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegal 04 Kecamatan Kemang, KabupatenBogor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Subyek penelitian peserta didik kelas V-A dan V-B yang terdiri dari 66 orang, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Subtema Organ Gerak Hewan. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 67. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,503) > ttabel (1,99773). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar