eprintid: 9291 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/92/91 datestamp: 2025-03-11 06:31:09 lastmod: 2025-03-11 06:31:09 status_changed: 2025-03-11 06:31:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dhera, Rahayu Millenia creators_NPM: 037118154 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Dendy, Saeful Zen contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0420068504 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Media Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quaai pada Peserta Didik Kelas V A dan V B SDN Tegal 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Dhera Rahayu Millenia. 037118154. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Media Animasi terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegal 04 Kecamatan Kemang, KabupatenBogor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Subyek penelitian peserta didik kelas V-A dan V-B yang terdiri dari 66 orang, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Subtema Organ Gerak Hewan. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 67. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,503) > ttabel (1,99773). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Dhera, Rahayu Millenia (2022) Pengaruh Media Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quaai pada Peserta Didik Kelas V A dan V B SDN Tegal 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9291/1/DHERA%20RAHAYU.pdf