eprintid: 9318 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/93/18 datestamp: 2025-03-11 06:32:57 lastmod: 2025-03-11 06:32:57 status_changed: 2025-03-11 06:32:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprilia, Rina creators_name: Firdaus, Dwi Rini Sovia creators_name: Valdiani, Dini creators_name: Amaliasari, Diana creators_name: Siregar, Mariana Rista Ananda creators_NPM: 044120368 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Firdaus, Dwi Rini Sovia contributors_name: Valdiani, Dini contributors_name: Amaliasari, Diana contributors_name: Siregar, Mariana Rista Ananda contributors_NIDN: 0304097004 contributors_NIDN: 0424058302 contributors_NIDN: 0416098404 contributors_NIDN: 0419037606 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: PENGARUH UNGGAHAN INSTAGRAM @BISKITABOGOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGIKUTNYA ispublished: pub divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: RINA APRILIA. 044120368. 2024. Pengaruh Unggahan Instagram @biskitabogor Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengikutnya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Dini Valdiani dan Diana Amaliasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengikut @biskitabogor. Adapun variabel bebas (X) yaitu penggunaan media sosial dan variabel terikat (Y) yaitu pemenuhan kebutuhan informasi. Indikator yang digunakan untuk variabel penggunaan media sosial (X) adalah konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi. Sedangkan indikator yang digunakan untuk variabel pemenuhan kebutuhan informasi (Y) yaitu kebutuhan informasi mutakhir, kebutuhan informasi setiap hari, kebutuhan informasi mendalam, dan kebutuhan informasi sekilas. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pencarian informasi (information seeking theory). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampel yang digunakan yaitu probability sampling melalui pendekatan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 376 responden, pengamatan dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial (X) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y), sebesar 88,3% yang dilihat dari nilai koefisien determinasi. Selain itu, dapat dilihat juga dari nilai t hitung yang diperoleh sebesar 7,345 sudah melebihi nilai t tabel, yang menunjukkan H1 diterima dan H0 ditolak. Maka penggunaan media sosial Instagram Biskita Trans Pakuan Bogor terbukti memiliki pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengikutnya. Kata Kunci: kebutuhan informasi, media sosial, penggunaan instagram date: 2024-06-31 date_type: published pages: 94 institution: Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya department: Humas thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author citation: Aprilia, Rina and Firdaus, Dwi Rini Sovia and Valdiani, Dini and Amaliasari, Diana and Siregar, Mariana Rista Ananda (2024) PENGARUH UNGGAHAN INSTAGRAM @BISKITABOGOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGIKUTNYA. Skripsi thesis, Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9318/1/RINA%20APRILIA_044120368%20-%20Rina%20Aprilia.pdf