@phdthesis{eprintsunpak9320, school = {Universitas Pakuan}, author = {Utari Kusumastuti Dewi}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS SMART APPS CREATOR VERSION 3 PADA MATERI AKU GEMAR MENABUNG Pendekatan Penelitian Research and Development (R\&D) Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kota Bogor Tahun pelajaran 2023/2024}, year = {2024}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9320/}, abstract = {Dewi Utari Kusumastuti 037120051. Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis Smart Apps Creator Version 3 pada materi Aku gemar menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis Smart Apps Creator version 3 pada materi ?Aku Gemar Menabung? terhadap siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri semplak 1. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R\&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis,Design, Development,Implementation, Evaluation). Tahap pertama dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan di SDN Semplak 1 melalui observasi dan wawancara, yang menunjukan rendahnya variasi media pembelajaran yang digunakan. Tahap kedua perencanaan konten, ilustrasi, dan tata letak. Pada tahap ketiga, pengembangan pembuatan ilustrasi dan pengeditan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator untuk menambahkan animasi dan interaksi. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media, bahasa, dan materi, kemudian diuji coba pada 28 siswa kelas IV-D untuk mengevaluasi respons mereka. Evaluasi dari ahli media mencakup penambahan backsound musik dan keselarasan font, sedangkan evaluasi dari ahli bahasa melibatkan penambahan identitas kelas, perbaikan kata, dan keselarasan tulisan. Hasil penelitian ini menunjukan respons siswa dan guru terhadap media pembelajaran ini sangat positif, dengan persentase penilaian 96\% dari ahli media, 100\% dari ahli bahasa, 100\% dari ahli materi, dan 92,64\% dari siswa. hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis Smart Apps Creator version 3 yang telah di kembangkan telah efektif dan sangat layak digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.} }