eprintid: 9324 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/24 datestamp: 2025-03-11 06:33:35 lastmod: 2025-03-11 06:33:35 status_changed: 2025-03-11 06:33:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ismi, Maulida creators_NPM: 037114388 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: R. Teti, Rostikawati contributors_name: Fitri, Siti Sundari contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Ismi Maulida, 037114388, Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Melalui Pendekatan Saintifik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dengan desain dan metode Penelitian Tindakan Kelas dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku, melalui pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 40 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian proses pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,5 dan siklus II dengan nilai rata-rata 88,5 artinya penilaian proses pelaksanaan pembelajaran di kelas meningkat atau berhasil. Begitupula dengan hasil ketuntasan belajar siklus I diperoleh sebesar 70% dengan nilai rata-rata 72,90 dan pada siklus II diperoleh 92,5% dengan nilai rata-rata 82,5. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dengan KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku melalui pendekatan saintifik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ismi, Maulida (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9324/1/Ismi%20Maulida.pdf