eprintid: 9329 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/29 datestamp: 2025-03-11 06:33:56 lastmod: 2025-03-11 06:33:56 status_changed: 2025-03-11 06:33:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurfajriah, Nurfajriah creators_NPM: 03711606 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Tustiyana, Windiyani contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nurfajriah, 037116069. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan dan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh antara Perhatian Orang Tua dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Bertempat di Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan cibinong Kabupaten Bogor. Dilaksanakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Subjek ini adalah siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor berjumlah 94. Sampel yang diambil berjumlah 48 siswa. kemudian penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar. instrument yang sudah valid dan reliable digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 63,989 + 0,20 dengan harga Fhitung lebih besar yaitu 251,76 dengan Ftabel 4,051. Dan koefisien korelasi sebesar 0,919. Maka dari itu data yang diperoleh maka ditemukan pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa yang diakumulasikan yaitu sebesar 84,4% seperti memberikan fasilitas, memberikan apresiasi, motivasi, dan kasih sayang, Sedangkan 15,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 date: 2021 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurfajriah, Nurfajriah (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9329/1/Nurfajriah.pdf