eprintid: 9330 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/30 datestamp: 2025-03-11 06:34:00 lastmod: 2025-03-11 06:34:00 status_changed: 2025-03-11 06:34:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Media, Putri Widyarini creators_NPM: 037117178 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Deddy, Sofyan contributors_name: Fitri, Anjaswuri contributors_NIDN: 0008015601 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS III (Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik di SDN Empang 1 Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Media Putri Widyarini. Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Empang 1, Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Peneliti ini merupakan studi kasus dengan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan membaca permulaan serta upaya mengatasi kesulitan membaca permulaan dikelas III SDN Empang 1 Bogor. Prosedur pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengumpulan data dilaksakan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transfrabilitas, dependabilitas, dan konfirmalitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa salah satu peserta didik yang mengalami kesulitan membaca permulaan dipengaruhi oleh faktor fisilogi, faktor intelektual, faktor lingkungan yang meliputi latar belakang peserta didik di rumah dan sosial ekonomi, dan faktor psikologi yang meliputi kurangnya motivasi, minat, dan kematangan sosial, emosi, dan penyesuaian diri. Upaya yang dilakukan guru berupa pelajaran tambahan 15 menit sebelum masuk kelas serta selalu memberikan motivasi kepada subjek, sedangkan orang tua belum melakukan upaya yang pasti dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan hanya mengandalkan pihak sekolah date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Media, Putri Widyarini (2022) ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS III (Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik di SDN Empang 1 Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9330/1/Media%20Putri%20Widyarini.pdf