TY - THES M1 - Skripsi A1 - Ifith, Fithriyani AV - public TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAGIAN TUBUH TUMBUHAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 N2 - Ifith Fithriyani, 037119016. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Bagian Tubuh Tumbuhan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Bagian Tubuh Tumbuhan melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Pajajaran. Subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV b Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor yang terdiri dari 50 siswa, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar bagian tubuh tumbuhan. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 56,7 sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan skor N-Gain sebesar 45. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar 84%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 72%. Serta pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (2.11044) > ttabel (1,67722). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bagian Tubuh Tumbuhan melalui penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi. Kata Kunci : Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar ID - eprintsunpak9338 Y1 - 2023/// PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/9338/ ER -