eprintid: 9338 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/38 datestamp: 2025-03-11 06:34:38 lastmod: 2025-03-11 06:34:39 status_changed: 2025-03-11 06:34:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ifith, Fithriyani creators_NPM: 037119016 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Teti, Rostikawati contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAGIAN TUBUH TUMBUHAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Ifith Fithriyani, 037119016. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Bagian Tubuh Tumbuhan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Bagian Tubuh Tumbuhan melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Pajajaran. Subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV b Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor yang terdiri dari 50 siswa, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar bagian tubuh tumbuhan. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 56,7 sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan skor N-Gain sebesar 45. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar 84%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 72%. Serta pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (2.11044) > ttabel (1,67722). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bagian Tubuh Tumbuhan melalui penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi. Kata Kunci : Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ifith, Fithriyani (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAGIAN TUBUH TUMBUHAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9338/1/Ifith%20Fithriyani.pdf