eprintid: 9339 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/39 datestamp: 2025-03-11 06:53:50 lastmod: 2025-03-11 06:53:50 status_changed: 2025-03-11 06:53:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Annastasya, Maulida creators_NPM: 037120122 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Teti, Rostikawati contributors_name: Yudhie, Suchyadi contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI LINGKUNGAN JADI RUSAK FASE C AWAL SEKOLAH DASAR Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Fase C Awal Sekolah Dasar Negeri Gang Aut Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Annastasya Maulida. 037120122. Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Book Creator Pada Materi Lingkungan Jadi Rusak Fase C Awal Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) di Sekolah Dasar Negeri Gang Aut. Subyek penelitian peserta didik kelas V-A Sekolah Dasar Negeri Gang Aut yang terdiri dari 27 peserta didik. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Bahan Ajar Digital Menggunakan Book Creator Pada Materi Lingkungan Jadi Rusak dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada penelitian ini menggunakan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Untuk mengembangkan dan menyempurnakan bahan ajar digital book creator diperlukan respon peserta didik dan guru. Hasil uji validasi oleh ahli media memperoleh hasil persentase 94,3% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa diperoleh persentase 100% dengan keriteria sangat layak, ahli materi diperoleh persentase 91,43% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil persentase 80,67% dengan kriteria sangat layak, serta hasil angket respon guru menunjukkan persentase 82% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital menggunakan book creator layak digunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Annastasya, Maulida (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI LINGKUNGAN JADI RUSAK FASE C AWAL SEKOLAH DASAR Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Fase C Awal Sekolah Dasar Negeri Gang Aut Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9339/1/Annastasya%20Maulida.pdf