eprintid: 9344 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/44 datestamp: 2025-03-12 06:31:39 lastmod: 2025-03-12 06:31:39 status_changed: 2025-03-12 06:31:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Desi, Widia Ningsih creators_NPM: 037114049 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rais, Hidayat contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Desi Widia Ningsih. 037114049. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa pada siswa kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 119 siswa kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk komunikasi interpersonal dan motivasi belajar siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,93 yang dikategorikan sangat kuat. Adanya hubungan yang fungsional antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= (-0,014 + 1,036x) setiap kenaikan 1 unit motivasi belajar akan meningkatkan 1,036 komunikasi interpersonal. Hasil koefisien determinasi r2 = 0,86 yang menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berkontribusi sebesar 86% terhadap motivasi belajar siswa. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Desi, Widia Ningsih (2018) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Korelasional di Kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9344/1/Desi%20Widia%20Ningsih.pdf