%0 Thesis %9 Skripsi %A Xaesaria Permata Morrin, Xaesaria Permata Morrin %A Rusfien, Ismail Taufik %A Valdiani, Dini %A Jayawinangun, Roni %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Humas %D 2022 %F eprintsunpak:9352 %I Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya %P 112 %T Analisa Humas PT Dyra Karya Mandiri dalam Menanggulangi Balap Liar pada Ajang Khusus D-Event %U http://eprints.unpak.ac.id/9352/ %X XAESARIA PERMATA MORRIN. 2022. Analisa Humas PT Dyra Karya Mandiri dalam Menanggulangi Balap Liar pada Ajang Khusus D-Event. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan: Ismail Taufik Rusfien & Dini Valdiani Ajang Khusus adalah suatu kegiatan kehumasan atau Public Relations, yang cukup penting dalam upaya memuaskan banyak orang untuk ikut serta dalam suatu kesempatan memenuhi selera atau kesenangan, serta upaya menarik perhatian bagi publiknya. D-Event adalah suatu organisasi yang membuat sebuah ajang khusus dalam bidang otomotif khusus nya balap motor dengan memiliki konsep acara bertema “Latihan Bersama” sebagai jalur masuk para bibit baru sebagai pembalap dan dapat menarik pembalap liar untuk mengikuti kegiatan positif dengan mengikuti D-Event sehingga dapar menanggulangi kegiatan balap liar tersebut, untuk mencegah banyaknya kegiatan balap liar. Penelitian ini menggunakan teknik penyusunan tujuan dari ajang khusus yang terdiri dari lima elemen menurut Ardianto meliputi Pengenalan dan pengetahuan, publikasi melalui komunikasi timbal balik, memberikan kesan atau citra positif, mempertahankan penerimaan masyarakat, dan rekan dan pelanggan baru melalui sebuah ajang khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja yang dilakukan Humas D-Event dalam upaya membentuk ajang khusus tersebut agar dapat menarik publik terutama pembalap liar untuk dapat bergabung dengan kegiatan ini. Penilitan ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara penelitian ini meliputi informan kunci (Pendiri dan Humas D-Event), informan utama (Pembalap liar yang mengikuti ajang khusus D-Event), informan tambahan (Masyarakat yang berpartisipasi pada acara D-Event). Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Balap liar merupakan suatu kegiatan mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi pada lokasi yang merupakan jalan umum yang dilalui masyarakat, terdapat dua tipe dari balap liar yaitu drag dan cornering, drag adalah tipe balapan beradu kecepatan trek lurus. Cornering adalah mengendarai motor dengan teknik merebah motor pada trek tikungan. Beberapa inovasi yang dilakukan Humas pada ajang khusus D-Event dapat membuahkan hasil positif. Hasil penelitian ini dapat menunjukan upaya yang dilakukan seorang Humas terhadap ajang khusus D-Event agar dapat memberikan hal positif bagi publik khususnya pembalap liar. Kata Kunci: Ajang Khusus, Balap liar, Humas, otomotif.