TY - THES A1 - Rahmayanti, Siti A1 - Putro, Sasongko Soeharto A1 - Aminuddin, Ahsani Taqwim A1 - Valdiani, Dini A1 - Duryatmo, Sardi PB - Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya UR - http://eprints.unpak.ac.id/9363/ AV - public TI - Strategi Komunikasi Bank Indonesia Terkait Dengan Manajemen Isu Merchant Discount Rate Qris Usaha Mikro EP - 92 Y1 - 2024/07/16/ ID - eprintsunpak9363 N2 - SITI RAHMAYANTI. 044120367. 2024. Strategi Komunikasi Bank Indonesia terkait dengan Manajemen Isu Merchant Discount Rate Qris Usaha Mikro. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Ahsani Taqwim Aminuddin dan Dini Valdiani Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi yang dilakukan Bank Indonesia dalam Manajemen Isu terkait MDR QRIS Usaha Mikro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan ini dilaksanakan di Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi serta triangulasi data kepada Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Indonesia menggunakan Teori Manajemen Isu Model Howard Chase & Barry Jones 2019 dalam manajemen isu MDR QRIS Usaha Mikro. Kesimpulannya Bank Indonesia manajemen isu menggunakan Teori Howard Chase & Barry Jones 2019 dengan lima tahap Identifikasi Isu, Menganalisis Isu, Merespon isu, Pelaksanaan Program, dan Hasil Pelaksanaan Program. Dengan Strategi Ofensif dan Strategi Defensif sebagai bentuk pengimplementasian dari Strategi Komunikasi yang dibentuk dalam manajemen isu MDR QRIS tersebut. kata kunci: manajemen isu, mdr qris umi, strategi komunikasi M1 - Skripsi ER -