@phdthesis{eprintsunpak9364, year = {2023}, author = {Roro Aulia Arsyta Fajriyanti and Mariana Rista Ananda Siregar and Qoute Nuraini Cahyaningrum and Yogaprasta Adinugraha}, title = {Analisis Marketing Public Relations pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Lagu Takut pada Akun Tiktok @Idgitaf)}, school = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya}, month = {June}, abstract = {Penelitian ini mengkaji tentang marketing public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing public relations lagu ?Takut? Idgitaf pada aplikasi TikTok dan bagaimana efektivitas TikTok sebagai media marketing public relations lagu ?Takut? Idgitaf. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui analisis mendalam dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Idgitaf selaku penyanyi dari Lagu Takut, Manajer Idgitaf, penggemar, dan social media specialist/content specialist DANA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Idgitaf menjalankan komunikasi pemasaran atau lebih ke humas pemasaran dalam memasarkan Lagu Takut di media sosial TikTok. Pada aktivitas pemasaran dan promosi, Idgitaf menjalankan tiga teknik strategi. Pertama adalah pull strategy yang dilakukan oleh Idgitaf adalam membuat video atau konten promosi yang relevan dengan kehidupan segmentasi pasarnya. Kedua, push strategy yang dilakukan oleh Idgitaf dalam memasarkan Lagu Takut adalah dengan membuat video atau konten secara masif dan variatif. Ketiga, pass strategy yang dilakukan oleh Idgitaf adalah tetap konsisten untuk terus melakukan promosi setelah produknya laku di pasaran. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga eksistensi lagu ?Takut?. TikTok juga menjadi media promosi yang efektif. Sebab promosi atau pemasaran yang dilakukan membawa dampak besar terhadap kesuksesan lagu ?Takut?.}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9364/} }