eprintid: 9364 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/93/64 datestamp: 2025-03-12 06:34:26 lastmod: 2025-03-12 06:34:26 status_changed: 2025-03-12 06:34:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fajriyanti, Roro Aulia Arsyta creators_name: Siregar, Mariana Rista Ananda creators_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini creators_name: Adinugraha, Yogaprasta creators_NPM: 044118488 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Siregar, Mariana Rista Ananda contributors_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini contributors_name: Adinugraha, Yogaprasta contributors_name: , contributors_NIDN: 0419037606 contributors_NIDN: 0403128004 contributors_NIDN: 0407128503 corp_creators: Unifersitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: Analisis Marketing Public Relations pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Lagu Takut pada Akun Tiktok @Idgitaf) ispublished: pub subjects: P1 divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini mengkaji tentang marketing public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing public relations lagu “Takut” Idgitaf pada aplikasi TikTok dan bagaimana efektivitas TikTok sebagai media marketing public relations lagu “Takut” Idgitaf. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui analisis mendalam dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Idgitaf selaku penyanyi dari Lagu Takut, Manajer Idgitaf, penggemar, dan social media specialist/content specialist DANA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Idgitaf menjalankan komunikasi pemasaran atau lebih ke humas pemasaran dalam memasarkan Lagu Takut di media sosial TikTok. Pada aktivitas pemasaran dan promosi, Idgitaf menjalankan tiga teknik strategi. Pertama adalah pull strategy yang dilakukan oleh Idgitaf adalam membuat video atau konten promosi yang relevan dengan kehidupan segmentasi pasarnya. Kedua, push strategy yang dilakukan oleh Idgitaf dalam memasarkan Lagu Takut adalah dengan membuat video atau konten secara masif dan variatif. Ketiga, pass strategy yang dilakukan oleh Idgitaf adalah tetap konsisten untuk terus melakukan promosi setelah produknya laku di pasaran. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga eksistensi lagu “Takut”. TikTok juga menjadi media promosi yang efektif. Sebab promosi atau pemasaran yang dilakukan membawa dampak besar terhadap kesuksesan lagu “Takut”. date: 2023-06-19 date_type: published pages: 91 institution: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author citation: Fajriyanti, Roro Aulia Arsyta and Siregar, Mariana Rista Ananda and Cahyaningrum, Qoute Nuraini and Adinugraha, Yogaprasta (2023) Analisis Marketing Public Relations pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Lagu Takut pada Akun Tiktok @Idgitaf). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9364/1/RORO%20AULIA%20A%20F_044118488%20-%20Roro%20Aulia.pdf