@phdthesis{eprintsunpak9368, school = {Universitas Pakuan}, author = {Aisah Aisah}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 7 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017}, year = {2016}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9368/}, abstract = {Aisah, 037112466. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada aata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2016. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksankan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 7 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor sebanyak 31 siswa dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan perempuan 11 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78\% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85\%. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan pada kekedisiplinan, kerjasama dan ketelitian dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 71\% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83\%. Hasil observasi keterampilan siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aspek keterampilan dengan nilai rata-rata pada siklus I 70\% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91\%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh nilai 65\% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 40\% dan pada siklus II memperoleh nilai 77\% dengan tingkat ketuntasan 75\%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 7 Wanaherang kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Selain itu model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas serta keterampilan siswa dalam proses pembelajaran} }