eprintid: 9370 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/70 datestamp: 2025-03-12 06:34:59 lastmod: 2025-03-12 06:34:59 status_changed: 2025-03-12 06:34:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Qonita, Shabrina creators_NPM: 036119019 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rita, Istiana contributors_name: Rifki, Risma Munandar contributors_NIDN: 0413018604 contributors_NIDN: 0415129005 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Qonita Shabrina. 036119019. Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Istiana, S.Si., M.Pd. dan Rifki Risma Munandar, M.Pd, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran E-Modul untuk kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia. Lokasi penelitian ini dilakukan di salah satu SMAIT yang berada di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksanakan pada bulan Januari 2023 hingga Juni 2024. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 44 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 1) dan kelas kontrol (XI IPA 2). Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar validasi soal pilihan ganda, serta lembar angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil uji-t menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan e- modul pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan penguasaan konsep Biologi. Nilai post-test peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai post- test pada kelas kontrol. Kelas kontrol kemampuan penguasaan konsep biologi rata-rata pre-test dan post-test didapatkan nilai 66,67 dan nilai 79,49, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata pre-test dan post-test sebesar 82,05 dan nilai 97,44. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul peserta didik kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi. Kata kunci: Biologi, E-Modul, Penguasaan Konsep Biologi date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Qonita, Shabrina (2024) Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9370/1/QONITA%20SHABRINA.pdf