eprintid: 9376 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/76 datestamp: 2025-03-12 06:35:33 lastmod: 2025-03-12 06:35:33 status_changed: 2025-03-12 06:35:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Melsa, Nazmaul Husna creators_NPM: 036118012 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eka, Suhardi contributors_name: Rifky, Risma Munandar contributors_NIDN: 0416076701 contributors_NIDN: 0415129005 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Pelajaran Biologi ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Melsa Nazmaul Husna. 036118012. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Pelajaran Biologi. Di bawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si, dan Rifki Risma Munandar, M.Pd. Kemampuan literasi sains siswa sangat penting dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran abad 21. Sehingga dalam proses pembelajaran harus mampu melatih dan mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu cara untuk melatih kemampuan literasi sains siswa alaha melalui media pembelajaran flipbook yang digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis,Design, Development,Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus hingga November 2021. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Cahaya Rancamaya Bogor kelas VIII tahun akademik 2021/2022 sebanyak 19 siswa. Pelaksanaan uji coba lapangang dilaksanakan dengan uji coba terbatas dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis STEM pada materi sistem peredaran darah yang dikembangkan memiliki fitur dan karakteristik memuat konsep sains, kemudian media pembelajaran flipbook efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis N-Gain yaitu 0,52 yang menunjukan kriteria sedang dan analisis nilai validasi ahli yang menunjukan flipbook termasuk ke dalam media pembelajaran yang layak digunakan. Respon siswa positif terhadap media pembelajaran flipbook berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem peredaran darah. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Melsa, Nazmaul Husna (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Pelajaran Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9376/1/Melsa%20Nazmaul%20Husna.pdf