eprintid: 9378 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/78 datestamp: 2025-03-12 06:35:42 lastmod: 2025-03-12 06:35:42 status_changed: 2025-03-12 06:35:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Laely, Ulfiyah creators_NPM: 036113028 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Triasianingrum, Afrikani contributors_name: Oding, Sunardi contributors_NIDN: 0012065703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: rbedaan Model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: LAELY ULFIYAH. 036113028. Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripisi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A, S.U. dan Drs. Oding Sunardi, M.P.d Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayti dan klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 di SMAN 1 Cibungbuang Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampeling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berjumlah 35 siswa dan kelas X IPA 5 sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan model Guided Inquiry berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning sebesar 73 dan pada kelompok Guided Inquiry memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 60. Hasil uji-t pada taraf yang signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,99 sehingga diperoleh thiutng > ttabel, maka dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model Problem Bsed Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati dan klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar siswa kelompok model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan kelompok pembanding model Guided Inquiry. Kata Kunci : Kuantitatif, Eksperimen, Problem Based Learning, Guided Inquiry, Hasil Belajar. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Laely, Ulfiyah (2018) rbedaan Model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9378/1/LAELY%20ULFIYAH.pdf