%0 Thesis %9 Skripsi %A Sujud, Adiyana %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2023 %F eprintsunpak:9393 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASSED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA PEKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas III SDN Sukasari, Kota Bogor Tahun Ajaran 2022/2023 %U http://eprints.unpak.ac.id/9393/ %X Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran project bassed learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol, pelaksanaan dilakukan dengan satu kali pertemuan di masing masing kelas. Hasilnya terdapat pengaruh hasil belajar subtema perkembangan teknologi transportasi melalui model project bassed Learning dan model Konvensional. Hal ini dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 79 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 67. Ketuntasan hasil belajar kognitif yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 43% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 24%. Hal tersebut diperoleh atas dasar pengujian hipotesis nol dua arah yang menunjukkan bahwa thitung (7,5) > ttabel (2,02108) yang berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dari hasil belajar subtema perkembangan teknologi transportasi melalui model Project Based Learning dan model konvensional ditemukan bahwa model Project Based Learning lebih efektif. Kata kunci: hasil belajar, sub tema perkembangan tenologi, project bassed learning