eprintid: 9393 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/93 datestamp: 2025-03-21 03:03:24 lastmod: 2025-03-21 03:03:24 status_changed: 2025-03-21 03:03:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sujud, Adiyana creators_NPM: 037117006 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Dendy, Saeful Zen contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0420068504 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASSED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA PEKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas III SDN Sukasari, Kota Bogor Tahun Ajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran project bassed learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol, pelaksanaan dilakukan dengan satu kali pertemuan di masing masing kelas. Hasilnya terdapat pengaruh hasil belajar subtema perkembangan teknologi transportasi melalui model project bassed Learning dan model Konvensional. Hal ini dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 79 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 67. Ketuntasan hasil belajar kognitif yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 43% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 24%. Hal tersebut diperoleh atas dasar pengujian hipotesis nol dua arah yang menunjukkan bahwa thitung (7,5) > ttabel (2,02108) yang berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dari hasil belajar subtema perkembangan teknologi transportasi melalui model Project Based Learning dan model konvensional ditemukan bahwa model Project Based Learning lebih efektif. Kata kunci: hasil belajar, sub tema perkembangan tenologi, project bassed learning date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sujud, Adiyana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASSED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA PEKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas III SDN Sukasari, Kota Bogor Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9393/1/Sujud%20Adiyana.pdf